Cara Mengatasi penyakit Fistula Ani


Cara mengatasi fistula ani tergantung pada ukuran dan lokasi fistula. Fistula ani yang kecil mungkin dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi fistula ani yang besar biasanya memerlukan operasi untuk menutup saluran fistula.

Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi fistula ani:

  • Obat antibiotik: Obat antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang menyebabkan fistula ani.
  • Obat penghilang rasa sakit: Obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan ketidaknyamanan.
  • Operasi: Operasi adalah perawatan yang paling umum untuk fistula ani. Operasi dilakukan untuk menutup saluran fistula dan mencegah infeksi berulang.

Obat antibiotik

Obat antibiotik dapat digunakan untuk mengobati infeksi yang menyebabkan fistula ani. Obat antibiotik biasanya diberikan dalam bentuk tablet atau kapsul. Obat antibiotik harus diminum sesuai resep dokter sampai habis, bahkan jika gejala fistula ani sudah membaik.

Obat penghilang rasa sakit

Obat penghilang rasa sakit dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh fistula ani. Obat penghilang rasa sakit yang umum digunakan untuk fistula ani adalah ibuprofen, acetaminophen, atau opioid.

Operasi

Operasi adalah perawatan yang paling umum untuk fistula ani. Operasi dilakukan untuk menutup saluran fistula dan mencegah infeksi berulang. Ada beberapa jenis operasi yang dapat digunakan untuk fistula ani, yaitu:

  • Fistulotomi: Operasi ini dilakukan dengan membuka lubang fistula dan membiarkannya terbuka untuk sembuh.
  • Ligasi fistula: Operasi ini dilakukan dengan mengikat saluran fistula untuk menutupnya.
  • Fistula plug: Operasi ini dilakukan dengan memasukkan penyumbat ke dalam saluran fistula untuk menutupnya.

Jenis operasi yang akan dilakukan akan ditentukan oleh dokter berdasarkan ukuran dan lokasi fistula.

Pasca operasi

Setelah operasi, Anda akan diminta untuk beristirahat dan menghindari aktivitas berat selama beberapa hari. Anda juga akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi.

Penyembuhan fistula ani setelah operasi biasanya membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan. Selama masa penyembuhan, Anda mungkin akan mengalami nyeri dan ketidaknyamanan.

Jika Anda mengalami gejala fistula ani, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter akan membantu Anda menentukan perawatan yang tepat untuk fistula ani Anda.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *